Ide Bisnis yang Bisa Dijalankan Sambil Kuliah dengan Modal Kecil



Di era yang semakin maju ini setiap orang dituntut untuk lebih kreatif dalam mengembangkan ide tak terkecuali bagi para mahasiswa. Mungkin selama ini yang Anda ketahui tugas dan kewajiban seorang mahasiswa adalah belajar, kuliah serta mangikuti kegiatan organisasi, namun hal tersebut tidaklah cukup di era seperti sekarang ini. Karena sekarang lebih dibutuhkan seseorang yang inovatif serta kreatif dalam menciptakan berbagai ide yang bukan hanyak menguntungkan bagi diri sendiri tetapi juga untuk orang lain. Salah satu bentuk kreatifitas dari para mahasiswa bisa dengan mencoba melakukan
bisnis sampingan. Siapa bilang bisnis itu hanya untuk orang yang sudah bekerja saja? Bagi para mahasiswa juga bisa mempersiapkan diri menuju dunia kerja untuk karier ke depannya dengan membuka bisnis. Tentu dengan mencoba untuk memulai bisnis di usia yang masih muda menjadi hal yang sangat membanggakan. Terlebih lagi tidak selalu merepotkan orang tua dengan meminta kiriman terus. Dengan berbisnis bisa menambah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, apalagi bagi mahasiswa yang tinggal merantau. Tidak ada salahnya untuk menjalankan kuliah sekaligus juga dengan melakukan bisnis.
Banyak sekali beragam bisnis yang bisa dilakukan oleh para mahasiswa. Terlebih para mahasiswa memiiki kemampuan serta pengetahuan lebih yang bisa digunakan sebaik mungkin untuk menciptakan ide kratif dalam berbisnis. Ditengah tuntutan untuk bisa mendiri tanpa harus mengandalkan kiriman yang diberikan orang tua tentu bisa membuat para mahasiswa berusaha untuk belajar berbisnis mulai dari nol. Kesibukan kuliah tidak menjadi halangan untuk membuka bisnis. Tentu akan lebih membanggakan jika bisa sukses kuliah dan juga bisa menjadi pengusaha sukses di usia muda. Para mahasiswa yang kuliah sambil berbisnis tentu memiliki nilai tambah dibandingkan dengan yang hanya kuliah. Karena hal tersebut bisa menjadi modal berupa pengalaman kerja yang sangat penting ketika nanti sudah lulus. Ada banyak sekali ide bisnis yang bisa dilakukan oleh para mahasiswa. Yang mana bisa dipilih sesuai dengan bakat, minat, serta keterampilan yang dimiliki. Selain itu, tentu modal menjadi pertimbangan lain bagi para mahasiswa untuk menjalankan bisnis. Karena ditengah keterbatasan modal berbisnis, tentu lebih memilih menjalankan bisnis yang modalnya kecil namun dapat memberikan keuntungan yang menjanjikan. Nah, berikut ini akan diulas beberapa ide bisnis yang bisa dijalankan sambil kuliah dengan modal kecil.

Ide bisnis yang bisa dijalankan sambil kuliah dengan modal kecil yang pertama yaitu membuka jasa pengetikan dan juga print. Membuka bisnis ini sangat menguntungkan sekali bagi para mahasiswa. Karena berada di derah kos yang banyak sekali anak kuliah. Apalagi selama ini kuliah sangat identik dengan tugas yang memang kebanyakan harus tercetak. Dibandingkan harus mencetak tugas kuliah sendiri, kebanyakan para mahasiswa lebih menggunakan jasa print dan juga pengetikan terutama jika banyak sekali yang harus dikerjakan. Hal tersebut banyak dipilih karena memang lebih hemat waktu dan juga tenaga. Membuka bisnis ini juga tidak memerlukan banyak modal karena yang dibutuhkan hanya laptop dan juga printer. Apalagi semua mahasiswa pasti mempunyai laptop. Tak jarang juga para pengguna jasa ini mau memberikan bayaran yang cukup besar karena memang sangat dibutuhkan. Ide bisnis yang kedua untuk para mahasiswa yaitu menjadi seorang penulis lepas atau freelancer. Ini sangat cocok sekali untuk para mahasiswa yang memang sangat suka dan mempunyai kemampuan dalam hal menulis artikel berita otomotif. Anda bisa menuangkan berbagai ide-ide kreatif dalam bentuk tulisan yang mana dari tulisan tersebut akan mendapatkan imbalan berupa uang. Terjun dalam bisnis ini Anda tidak perlu mengeluarkan modal sama sekali. Justru Anda akan mendapatkan banyak sekali penghasilan dengan jumlah yang cukup besar. Bisnis ini memang hanya diperlukan modal berupa kreativitas, kemampuan untuk menulis serta imajinasi. Melakukan bisnis ini juga sangat fleksibel karena tidak terikat tempat dan juga waktu. Anda bisa melakukannya kapan saja dan dimana saja.
Ide bisnsi yang ketiga yaitu dengan membuka jasa make-up artis atau perias. Ini sangat cocok sekali bagi para mahasiswi yang memang sangat hobi berdandan dan ingin menghasilkan uang dari hobinya tersebut. Keahlian dalam merias sangat banyak dibutuhkan oleh siapapun. Karena tidak semua wanita memiliki kemampuan yang lebih dalam merias orang lain. Kebanyakan memang bisa make-up atau berdandan sendiri namun akan kesulitan ketika harus mendandani orang lain. Bagi Anda yang memang dibekali dengan kemampuan ini tidak ada salahnya untuk mencoba membuka jasa rias. Terlebih lagi pada saat musim wisuda tiba tentu pasti akan banyak sekali dicari. Apalagi kebanyakan mahasiswi yang akan wisuda mencari tempat make-up yang memang tidak mematok budget tinggi atau tidak terlalu mahal. Ada banyak cara juga yang bisa Anda lakukan supaya bisa dikenal oleh orang yaitu dengan mempromosikan melalui sosial media. Bisa juga dengan testimony orang, atau promosi lewat mulut ke mulut. Ide bisnis yang keempat yaitu membuka online shop. Saat ini memang usaha via online semakin menjamur namun peminatnya juga tidak pernah habis. Tak heran jika sekarang banyak yang memasarkan jualannya melalui sosial media dengan cara online. Bagi Anda para mahasiswa yang ertarik dengan usaha ini namun bingung karena kekurangan modal dan juga produk apa yang bisa dijual sekarang tidak perlu khawatir. Karena Anda bisa menjadi seorang reseller yang mana mengambil barang dari supplier kemudian membantu untuk menjualkannya. Yang mana tanpa harus membeli barang tersebut Anda sudah bisa mendapatkan keuntungan. Anda tinggal memilih saja jenis produk apa yang nantinya akan dijual.
Ide bisnis yang selanjutnya yaitu membuka les privat. Bagi Anda yang sangat menyukai hal berhubungan dengan edukasi sangat cocok sekali untuk memulai bisnis ini. Segmen pasar yang nantinya dipilih juga bisa disesuaikan dengan keinginan Anda. Karena ada banyak jenjang pendidikan yang bisa dipilih, yaitu jenjang SD, SMP dan juga SMA. Tentu ini bisa disesuaikan dengan kemampuan serta keterampilan diri Anda. Banyak sekali yang membutuhkan les privat terlebih lagi jiia menjelas musim ujian. Karena les privat dianggap bisa memberikan tambahan atau bantuan ketika jam pelajaran di sekolah masih kurang. Selain itu juga bisa lebih memahamkan mengenai materi yang memang dirasa masih sulit di pahami dari penjelasan yang diterima ketika di kelas.
Ide bisnis yang berikutnya yaitu dengan  menjadi seorang event organizer. Banyak sekali orang yang mencari jasa ini. Karena untuk mengurus acara sendiri terbilang cukup menyita waktu dan tenaga. Sehingga akan lebih mudah dan enak ketika menggunakan jasa dari event organizer. Bagi Anda yang memang mempunyai minat dalam bisnis ini tidak ada salahnya untuk mencoba. Anda bisa mencoba untuk bergabung dengan event organizer yang memang sudah ada. Selain itu Anda juga bisa membuka sendiri yang mana bisa merekrut teman-teman mahasiswa yang lainnya. Bisnis ini terbilang memberikan tambahan penghasilan yang sangat menjanjikan, terlebih Anda tidak perlu mengeluarkan modal yang besar.

1 komentar:

ide bisnis yang bermanfaat bro.
terima kasih.

pemenang video musik


EmoticonEmoticon