Anti Rusak! Ini Prosedur Penyimpanan Susu Bubuk yang Paling Benar



Ada beragam jenis susu bubuk yang ditawarkan pada berbagai tempat
jual susu formula. Hal ini lantaran dianggap bahwa jenis susu bubuk sangat praktis, higienis juga bisa bertahan secara jauh lebih lama jika dibanding dengan bentuk produk susu lainnya. Namun cara penyimpanan yang salah juga bisa sangat mudah merusaknya lho. Perhatikan hal berikut ini.

Alasan Harus Menyimpan Susu Bubuk dengan Benar

Susu bubuk yang dirasa sangat praktis dan mampu bertahan jauh lebih lama dari jenis susu lainnya nyatanya juga sangat sensitif terhadap kondisi lingkungan setkitarnya ya. Hal inilah yang kemudian harus diperhatikan prosedur penyimpanannya secara tepat agar meminimalisir terjadinya kerusakan formula susu bubuk yang bisa jadi membahayakan bayi.

Ciri Susu Bubuk yang Telah Rusak

Produk yang banyak ditawarkan di tempat jual susu formula satu ini biasanya susah-susah gampang untuk dikenali ciri kerusakannya. Namun Anda tetap bisa mengeceknya secara personal untuk berjaga-jaga atau berwaspada. Dari bau biasanya akan berubah. Begitu pula dengan warnanya yang akan menjadi kekuningan. Bentuknya pun mulai bergumpal-gumpal.

Prosedur Penyimpanan Susu Bubuk Paling Tepat

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan jauh lebih utama serta seksama agar produk susu formula bubuk Anda bisa awet jauh lebih lama. Sekedar untuk informasi sejujurnya susu bubuk bisa bertahan sampai berbulan-bulan jika minim kontak dengan udara luar. Namun jika telah dibuka maka harus dikonsumsi serta dihabiskan dalam kisaran waktu 1 bulan saja.

Simpan stok susu bubuk di tempat teduh terlindung cahaya matahari langsung. Cahaya luar tersebut bisa merusak kandungan susu bubuk lho. Utamanya dari jenis vitamin D, riboflavin serta kandungan vitamin A di dalamnya juga. Perhatikan juga untuk rapat menyimpannya pada wadah kedap udara. Udara dan air bisa membuat bentuk susu bergumpal mudah rusak.

Paling bagus penyimpanan stok susu bubuk yakni dibungkus kedap dan rapat pada plastik jenis alumunium foil dan juga kaleng yang terlindung dari cahaya langsung. Jangan lupa untuk menutupnya secara rapat sempurna demi menjaga kandungan susu bubuk. Susu bubuk yang disimpan secara benar paripurna akan memiliki masa penggunaan yang jauh lebih awet.

Susu bubuk tersebut harus disimpan dalam lingkungan yang kering dan juga pertengahan tak terlalu dingin maupun panas untuk menjaga kondisi susu bubuk tetap stabil. Jangan letakkan kemasan susu bubuk dekat dengan beragam bebauan agar tak mengubah rasanya. Jangan juga letakkan kemasan susu bubuk berdekatan dengan kompor maupun juga oven yang berisiko.

Sebaiknya juga kemasan susu bubuk tak diletakkan di dalam freezer lantaran bisa mengubah konsentrasi dari produk susu bubuk yang banyak ditawarkan beragam tempat jual susu formula tersebut. Jangan sembarangan menyimpan kemasannya demi kandungan optimal ya!

1 komentar:


EmoticonEmoticon