Dukung Pekembangan Bayi 3 Bulan Dengan Melakukan Langkah-Langkah Ini


Kesehatan dan kecerdasan buah hati tidak hanya dipengaruhi oleh nutrisi dan gizi yang tercukupi. Lebih dari itu, masih banyak hal-hal lain yang bisa mendukung daya tumbuh kembang si kecil. Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan
perkembangan bayi 3 bulan adalah dengan memberikan stimulasi yang sesuai dengan tahapan usianya.
Dalam hal ini Anda tidak harus mengandalkan metode-metode canggih dan mahal, sebab dengan melakukan perawatan sehari-hari juga dapat mendukung perkembangan fisik maupun otak anak. Perlu Anda ketahui pula bahwa si kecil akan berada pada periode emas di empat tahun pertama kehidupannya.
Inilah yang disebut sebagai periode Golden Age. Pada periode ini bayi sel otak akan berkembang sampai 80%. Jadi Anda sangat dianjurkan untuk mengoptimalkan periode ini dengan memberikan stimulus yang tepat. Mulai dari stimulasi yang berkaitan dengan indera peraba, pendengaran, keseimbangan, pengecapan, penciuman dan lainnya.
Berikut adalah beberapa langkah penting yang dapat Anda lakukan untuk mengoptimalkan perkembangan bayi 3 bulan.
Berikan Stimulasi Vestibular
Stimulasi vestibular ini bisa diberikan ketika si kecil sedang mandi. Stimulus ini akan membuat bayi merasa nyaman karena terasa seperti tengah berada dalam kandungan. Hal ini karena ketika mandi, si kecil akan terkena air dan kondisi tersebut mirip dengan keadaan semasa bayi masih dalam kandungan yang juga bergelut dengan air ketuban.
Pemijatan
Selain memberikan stimulasi vestibular, Anda juga harus rutin memberikan pijatan lembut pada bayi. Aktivitas ini akan menjadi stimulus bagi syaraf bayi. Layaknya pemijatan pada orang dewasa yang dapat melancarkan peredaran darah, maka demikian pula pada bayi yang akan menguatkan sistem metabolisme tubuh.
Itu artinya, pemijatan ini dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh buah hati. Oleh karena itu, berikan pijatan selama 5 sampai 10 menit setiap kali bayi selesai dimandikan.
Stimulasi Auditori
Langkah selanjutnya adalah dengan memperdengarkan bunyi-bunyian pada anak. Tanpa Anda sadari bayi akan menyerap segala informasi yang didengar dari sekitarnya. Inilah mengapa Anda dianjurkan untuk membangun lingkungan yang positif bagi anak. Sebab suara-suara yang si kecil dengar dari sekitarnya nantinya akan berkembang menjadi kosa kata yang bisa saja ia ucapkan.
Selain menciptakan lingkungan yang sehat untuk anak, Anda juga disarankan untuk memberikan stimulus yang dapat merangsang indera pendengarannya. Bisa dengan membacakan cerita, mendengarkan musik bersama atau mengajak anak untuk ngobrol bersama.
Memang pada usia ini anak tidak terlihat merespon apa yang Anda sampaikan. Namun sebenarnya anak merekamnya dan merespon dengan caranya sendiri. Entah dengan kedipan, senyuman atau ocehan lucunya.
Stimulasi Visual
Ketika bersama si kecil, usahakan untuk sering mendekatkan wajah Anda pada anak. Dengan begitu anak mampu melihat Anda dengan jelas. Pertahankan kontak mata lebih lama sembari memberikan gambaran ekspresi, bisa dengan senyum, gerakan lidah atau ekspresi kaget. Selain itu Anda juga menirukan ekspresi wajah bayi atau menunjukkan mainan berwarna cerah sehingga anak akan tertarik untuk mengikuti fokus gerak benda tersebut.

Demikianlah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk membantu mengoptimalkan perkembangan bayi 3 bulan. Saat bayi diberi stimulus yang baik, maka anak akan tumbuh dengan baik karena selama ini sudah diberi input yang positif. Oleh karena itu pastikan Anda tidak melewatkan masa-masa emas anak. Tetap dampingi dan bimbing si kecil menjadi pribadi yang cerdas lagi baik ya.

1 komentar:


EmoticonEmoticon