Kandungan Gizi dan Manfaat Susu Formula Untuk Anak


Tentu sudah menjadi harapan dan impian setiap orang tua untuk memiliki anak yang tumbuh sehat. Orang tua akan melakukan apa saja agar buah hati terlihat sehat luar maupun dalam. Jika Anda termasuk orang tua yang juga menginginkan hal sama, maka bisa memberikan susu yang tepat untuk anak. Karena di dalam susu terdapat banyak kandungan kalsium yang baik bagi pertumbuhan anak.

Pemberian susu pada anak juga harus disesuaikan, misalnya memberikan susu anak 5 tahun tentu berbeda dengan susu yang diberikan pada anak usia lainnya. Susu juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan anak, berikut beberapa diantaranya: 

Menyehatkan Tulang

Manfaat pertama dari susu formula adalah menyehatkan tulang. Karena di dalamnya terdapat kandungan kalsium yang tinggi, sehingga sangat baik untuk tulang dan juga gigi. Selain itu juga terdapat kandungan seperti magnesium, fosfor, protein, dan kandungan lain yang bermanfaat. Anda bisa membiasakan anak untuk meminum susu sejak dini, agar dapat membantu menjaga kesehatan dan juga dapat meningkatkan kecerdasan.

Mendukung Proses Perkembangan Otak

Seperti yang sudah disinggung tadi, susu bisa meningkatkan kecerdasan anak. Otak membutuhkan nutrisi agar dapat berkembang. Maka dari itu, susu sangat memiliki peran penting untuk perkembangan dan pertumbuhan otak.  

Mencegah Obesitas pada Anak

Manfaat lainnya adalah mencegah obesitas. Obesitas atau kegemukan ini bisa dihindari dengan meminum susu sesuai dengan aturan minum. Sebenarnya susu bisa membantu untuk mempertahankan keidealan tubuh, sehingga dapat membuat anak yang meminum susu akan terhindar dari kelebihan berat badan atau obesitas.

Mencegah diabetes

Susu juga bisa menghindarkan anak dari penyakit diabetes tipe 2. Anda bisa memberikan susu yang rendah lemak pada balita. Kandungan kalsium dan magnesium yang ada pada susu bisa mencegah diabetes.

Setelah Anda mengetahui apa saja manfaat dari susu formula, saatnya mengetahui apa saja kandungan yang terdapat dalam susu formula ini yang membuatnya penuh akan manfaat :

Kandungan AHA

AHA yang ada di dalam susu formula mempunyai manfaat sebagai perangsang kecerdasan otak pada anak. Selain itu juga memiliki manfaat lain yaitu untuk merangsang perkembangan syaraf mata sehingga mata bayi akan lebih sehat.

Kandungan DHA

Kandungan DHA pada susu hampir sama dengan AHA yaitu berfungsi untuk mengembangkan otak dan mata anak.

Kandungan LA

Kandungan gizi selanjutnya yaitu LA yang merupakan asam lemak. Ini sangat bermanfaat untuk kesehatan mental dan juga berpengaruh terhadap perkembangan otak anak.
Kandungan FOS dan GOS

Kedua kandungan tersebut memiliki fungsi menyehatkan pencernaan bayi. Karena FOS dan GOS meningkatkan kekebalan tubuh dan jumlah bakteri baik pada tubuh. Selain itu juga bisa mengurangi jumlah bakteri jahat yang ada pada tubuh.

Kandungan Omega 3 dan Omega 6

Kandungan gizi yang terakhir yaitu omega 3 dan 6. Ini memiliki manfaat untuk menyehatkan kuku, rambut, kulit, dan mencegah kerusakan sel. Omega 3 dan 6 ini juga perlu seimbang karena keduanya memiliki fungsi yang saling berkaitan.

Itu dia informasi mengenai manfaat dan kandungan gizi yang ada pada susu formula. Ada banyak sekali manfaat yang terkandung di dalamnya, jadi jangan sampai Anda tidak memberikan susu pada anak. Selain itu, berikan susu sesuai dengan usia anak, jika anak berusia 5 tahun, maka berikan susu anak 5 tahun. Sebab pada setiap produk susu kandungan nutrisinya sudah disesuaikan dengan porsi kebutuhan tubuh si kecil.


EmoticonEmoticon