Trik Merawat Mobil Offroad yang Patut Kita Ketahui


Hobi otomotif memang bisa dikelompokkan lagi berdasarkan jenis mobil dan aktivitasnya. Salah satu yang banyak digemari kaum adam adalah aktivitas offroad. Butuh mobil khusus offroad dengan performa prima agar hobi yang satu ini berjalan lancar. Sehingga kita pun harus punya pengetahuan yang memadai untuk urusan merawat mobil offroad.

Beberapa trik ini akan membantu kita merawat mobil offroad dengan benar. Agar kualitasnya senantiasa baik dan siap digunakan untuk berpetualang:

Mobil Harus Dibersihkan Setelah Digunakan
Mobil offroad yang baru saja digunakan harus segera dibersihkan secara tuntas. Karena tumpukan kotoran tak hanya melekat kuat pada bodi mobil, melainkan juga berpotensi menimbulkan karat dan kerusakan mesin. Bersihkan seluruh bagian bodi mobil hingga ke baigan kolongnya. Pastikan tak ada kotoran yang tersisa setelah mobil digunakan.

Sparepart Tak Harus Selalu Diganti Baru
Nyatanya kita tak harus selalu mengganti sparepart setelah menggunakan mobil offroad. Pengecekan memang mesti dilakukan secara berkala. Namun pergantian sparepart-nya hanya perlu dilakukan sesekali. Pertimbangan penggantian sparepart biasanya dilakukan berdasarkan medan jalanan yang ditempuh serta kondisi mesin secara keseluruhan. Jika performa mobil masih prima, tentu saja kita tak perlu mengganti sparepart terlalu sering.

Jangan Lupa Memeriksa Aki Mobil
Aki mobil merupakan salah satu komponen terpenting pada mobil offroad. Jangan sampai mobil offroad sulit di-starter hanya karena aki mobil yang rusak. Tak ada salahnya membawa aki cadangan saat melakukan aktivitas offroad. Sehingga risiko mobil mogok akibat aki rusak bisa diminimalkan. Aktivitas offroad tak akan terhambat oleh kerusakan aki mobil.

Waktu Servis Mobil yang Tepat
Semakin sering mobil offroad digunakan, maka intensitas servis pun harus semakin sering. Mobil offroad yang sedang tidak digunakan tidak perlu diservis terus menerus. Cukup panaskan mobil agar komponen mesinnya tetap berfungsi secara normal.


Terakhir, jangan lupa melengkapi mobil offroad kesayangan dengan asuransi mobil. Pilihlah asuransi mobil all risk untuk melindungi mobil dari berbagai risiko tak terduga. Maka kita tak perlu khawatir lagi dengan kondisi mobil off road kesayangan. Proteksi maksimal dari asuransi membuat kita tenang dan leluasa menjalani hobi offroad.
Latest


EmoticonEmoticon