Panduan Merawat Velg Mobil Agar Tahan Lama


Memiliki asuransi mobil yang bagus saja belum cukup untuk melindungi mobil kita. Faktanya, kita juga mesti lebih teliti merawat mobil. Supaya mobil kesayangan kita tidak lekas rusak karena penggunaan yang berlebihan. Salah satu komponen yang kerap luput dari perawatan adalah velg mobil.


Agar velg senantiasa awet dan tampak seperti baru, sebaiknya kita mencermati dan mengikuti beberapa panduan berikut ini :


  • Langsung Membersihkan Velg yang Terkena Air Hujan
Air hujan maupun genang air banjir memang bersifat korosif bagi velg mobil. Sehingga velg mobil bisa kusam atau rusak jika dibiarkan terlalu lama setelah terkena air hujan. Sebenarnya kita tidak perlu menggunakan sabun atau pembersih khusus untuk velg. Cukup gunakan air bersih yang mengalir dan spons lembut untuk membersihkan velg. Maka velg mobil kesayangan pun akan selalu tampak seperti baru.


  • Menjaga Kestabilan Tekanan Udara pada Ban
Tekanan udara yang stabil akan membuat kinerja ban mobil senantiasa maksimal. Sebaliknya, ban yang kekurangan tekanan udara harus bekerja ekstra keras ketika mobil dioperasikan. Akibatnya, hal ini akan membuat velg mobil lekas rusak karena terbentur-bentur dengan permukaan jalan. Demi menjaga kondisi velg, jangan biarkan ban mobil mengalami kebocoran atau kurang tekanan udara.


  • Cara Tepat Membersihkan Jari-Jari Velg
Velg dengan model kombinasi biasanya memiliki bentuk jari-jari yang agak sulit dibersihkan. Namun kita mesti tetap cekatan mengatasi hal ini. Gunakan saja sikat dengan bulu-bulu lembut untuk membersihkan sela-sela jari velg. Karena sikat yang berbulu lembut tidak akan menggores permukaan velg ban mobil kesayangan.


  • Melepas Velg Secara Berkala
Agar velg bisa bersih secara maksimal, alangkah lebih baik jika kita melepas velg secara berkala. Ketika melepas velg, kita bisa membersihkan bagian-bagian yang selama ini tidak terjangkau. Sela-sela velg akan kembali bersih jika kita melakukan hal ini. Jangan lupa memasang kembali velg dengan benar agar performa mobil tidak terganggu.

Kalau sudah mahir membersihkan dan merawat mobil, jangan lupa pula melengkapi mobil dengan asuransi berkualitas. Perbandingan asuransi mobil yang bagus di Futuready akan membantu kita menentukan pilihan. Tak perlu merasa khawatir lagi dengan perlindungan terhadap mobil sejak kita sudah meiliki asuransi mobil yang tepat.


EmoticonEmoticon