Mari Berhidroponik


 
Hidroponik berasal dari bahasa latin yang terdiri dari 2 kata, yaitu “Hydro” yang memiliki arti air dan “Ponos” yang berarti kerja. Jadi, hidroponik adalah cara bercocok tanam tanpa menggunakan tanah, melainkan memanfaatkan air dengan kandungan nutrisi dan memanfaatkan media tanam yang bersifat porous sebagai pengganti tanah tersebut.

Dalam hidroponik, fungsi media tanam adalah untuk menopang tanaman agar tetap berdiri dan tidak mudah roboh. Selain itu juga sebagai pengikat sementara larutan unsur hara yang diberikan agar tanaman tetap dapat menyerap nutria dengan baik. Media tanam yang digunakan di sini adalah media yang bersifat porous (mampu menyerap dan membuang air berlebih), steril, tidak mengandung garam laut, tingkat keasaman netral, mengandung kapur dan kalsium dan tidak mempengaruhi pH.

Secara umum, hal-hal yang dapat dibutuhkan dalam hidroponik adalah media tanam, netpot, penyangga, nutrisi hidroponik, tempat penanaman dan juga benih tumbuhan yang menjadi pilihan untuk ditanam. Media tanam digunakan sebagai tempat penyemaian bibit, penyangga tanaman serta membantu penyerapan nutrisi pada tanaman. Netpot yang berfungsi sebagai tempat dudukan tanaman bisa menggunakan bekas gelas air mineral yang dilubangi.

Untuk tahapan awal dalam bercocok tanam hidroponik adalah penyemaian benih hingga tumbuh dan muncul 4 helai atau beberapa daun sejati. Setelah itu benih batu dapat di pindah-tanamkan pada media hidroponik. Tanaman ini harus sudah mendapatkan larutan nutrisi. Pemberian jumlah larutan nutrisi dapat disesuaikan dengan usia tanaman. Pada umumnya semakin lama usia tanaman, semakin besar pula jumlah nutrisi yang bisa diberikan.


Bertanam dengan teknik hidroponik adalah solusi terbaik dan tepat bagi anda yang memiliki lahan terbatas, terutama yang tinggal di daerah kompleks perkotaan seperti di kota metropolitan dan jiakalu anda baru membeli Rumah dijual di Jakarta yang baru ataupun yang lama wajib menerapkan yang demikian karena di Jakarta selain udaranya kurang bagus jadi cara ini sangat cocok sekali. Bagi anda yang memiliki keinginan bercocok tanam yang tinggi namun terhenti Karena lahan rumah atau bangunan anda sangat terbatas, sekarang tidak perlu lagi khawatir. Hidroponik menjadi jawaban bagi anda. Selain memiliki banyak kelebihan dengan hasil panen yang lebih baik, hidroponik pun dapat menjadi peluang bisnis yang prospektif.


EmoticonEmoticon